Recent comments

Breaking News

Seleksi Sekda DIY, Sekjen Kemendagri Sebut Kriteria Penting Calon


PERSADA
| Yogyakarta(DIY)- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro menyebut kriteria penting calon sekretaris daerah (sekda) untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang saat ini seleksinya tengah berlangsung. Suhajar menyebut, salah satu kriteria seorang sekda adalah bisa menghubungkan antara kepala daerah dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada.

Suhajar mengutip teori Mintzberg untuk menggambarkan pola keorganisasian pemerintahan. Dia menjelaskan, organisasi perangkat daerah seperti tubuh manusia. Kepala daerah berada di bagian kepala, sekda berada di bagian leher, lalu bagian tubuh lainnya diisi oleh handling management dan operational management.

“Sekda ada di leher, bayangkan betapa vitalnya leher ini, untuk menjembatani kepala dengan seluruh tubuh ini. Baik handling management maupun operasional management,” katanya pada acara Panitia Seleksi Sekda DIY di Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, Jumat (3/3/2023).

Suhajar menambahkan, sebagai bagian dari panitia seleksi, pihaknya sejak pukul 9 pagi telah menemui Guberbur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk membahas calon sekda. Dia menegaskan, calon sekda yang terpilih nanti diharapkan bisa cocok atau klop dengan gubernur.

“Gubernur itu punya kriteria apa, yang kami bantu mencarikan tiga orang dari tujuh pelamar, gubernur mau yang bagaimana, sekda yang bagaimana yang cocok dengan dia. Kira-kira seperti itu pertemuan tadi,” tandasnya.


Baca Juga

#Gan | Rel

No comments