Nasional

Mezaro Ndraha
Mezaro Ndraha (kanan) di suatu acara di Jakarta
Mezaro Ndraha (kanan) di suatu acara di Jakarta

Solo-Raya, PersadaNews.com. Ormas PERUKMI (Perhimpunan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia) yang dipimpin oleh Mezaro Ndraha untuk periode kedua ini terus begerak membentuk DPD dan DPC di seluruh wilayah Indonesia. Ormas PERUKMI UMKM adalah sebuah ormas resmi dan telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM, berdiri pada tahun 2013 lalu.

Fokus utama ormas ini adalah ikut mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia dan menjadi bagian dalam  upaya pemerintah untuk memperhatikan UMKM-UMKM di Indonesia. Mezaro Ndraha yang juga pelaku usaha ini, ia menjelaskan bahwa UMKM adalah tiang ekonomi bangsa, maka jika UMKM goncang maka perekonomian bangsa akan goyah, tegasnya.

UMKM telah melalui proses penempaan, disaat krisis moneter, UMKM tetap jaya dan bergerak alami, sebab UMKM adalah ekonomi rakyat yang secara alami terus bergerak. Pelaku UMKM perlu didorong agar mereka tetap eksis sesuai program pemerintah, sambung Mezaro yang juga ketua umum Forum Ono Niha Nasional ini.

Jika UMKM terus digenjot maka perekonomian suatu daerah akan tumbuh dengan sendirinya, itu sebabnya pemda jangan mengabaikan hal ini dan harusnya memiliki program yang selaras untuk kemajuan UMKM. Ars