Internasional

Amerika Serikat

Amerika Serikat-PersadaNews.com. Anggota Partai Demokrat, Nancy Pelosi, kembali terpilih sebagai Ketua DPR Amerika Serikat pada hari Kamis, 3 Januari 2019, waktu setempat. Dengan demikian, kemenangan Nancy Pelosi semakin memperkuat posisi Demokrat di parlemen. Bagaimana awal ceritanya?

1. Nancy Pelosi berhasil mengalahkan kandidat dari Partai Republik, Kevin McCarthy

Amerika Serikat
Amerika Serikat

Dilansir dari CNN, Nancy Pelosi secara resmi terpilih sebagai Ketua DPR Amerika Serikat pada hari Kamis, 3 Januari 2019, waktu setempat dalam proses pemungutan suara yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada hari pertama Kongres ke-116. Ia berhasil mengalahkan kandidat dari Partai Republik, Kevin McCarthy, dengan memenangkan 220 suara. Dengan demikian, McCarthy menjadi pemimpin minoritas DPR Amerika

Amerika Serikat
Amerika Serikat

Serikat.

Sebagai Ketua DPR, Pelosi akan secara teratur berhadapan dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan akan memimpin mayoritas partai Demokrat yang berani dan bersemangat untuk melakukan pengawasan agresif terhadap Presiden dan pemerintahannya. “Saya sangat bangga menjadi seorang wanita Ketua Dewan Kongres ini, yang menandai tahun ke-100 perempuan memiliki hak untuk memilih.

“Dan, bahwa kita semua memiliki kemampuan dan hak istimewa untuk melayani dengan lebih dari 100 anggota wanita Kongres, jumlah terbesar dalam sejarah,” ungkap pernyataan Nancy Pelosi seperti yang dikutip dari BBC.

2. Salah satu tantangan yang dihadapi Pelosi adalah tembok perbatasan Amerika Serikat-Meksiko

Salah satu tantangan yang dihadapi Pelosi adalah pertarungan atas tembok perbatasan Amerika Serikat-Meksiko yang sampai saat ini masih menjadi polemik dan Trump sendiri memang sudah lama menjanjikan sejak kampanye Pemilu Presiden Amerika Serikat tahun 2016 lalu. Hal ini memicu perselisihan antara Demokrat dengan pihak Kongres Amerika Serikat sehingga mengakibatkan shutdown yang kini memasuki minggu kedua.

Donald Trump juga tak lupa memberikan ucapan selamat kepada Nancy Pelosi dan mengatakan dia memiliki aspirasi tinggi untuk Kongres baru. Akan tetapi, Trump tidak sependapat dengan Pelosi dan menegaskan bahwa tanpa adanya tembok, negara ini tidak memiliki keamanan perbatasan.

3. Saat mengucapkan sumpah, Pelosi mengundang anak-anak untuk ikut dengannya di atas podium

Ada yang menarik saat pengucapan sumpah Pelosi sebagai Ketua DPR Amerika Serikat. Ia mengundang anak-anak beserta beberapa cucunya untuk maju ke podium menemani dirinya saat mengucapkan sumpah jabatan. Tak hanya itu saja, Pelosi juga mengundang tamu yang merupakan publik figur seperti presenter acara TV “Project Runway”, Tim Gunn, dan seorang drummer band Grateful Dead, Mickey Hart, untuk menghadiri acara tersebut.

Sebelumnya, Pelosi berbicara tentang cinta keluarganya untuk Grateful Dead. Ketika dia pertama kali dilantik sebagai pembicara pada tahun 2007 lalu, ia bergabung bersama Hart dan anggota band rock lainnya dan kemudian dilaksanakan acara konser sebagai bentuk penghargaannya.

Sbr : https://www.idntimes.com