FONNA TERKINI, SERBA SERBI FONNA YANG PERLU ANDA KETAHUI

Sebagian Pengurus Pusat Berfoto

Jakarta-PersadaNews.com- FONNA (Forum Ono Niha Nasional) yang juga dikenal The FONNA Institute lahir untuk menjawab berbagai isu yang sejak dari dulu belum disentuh oleh kalangan manapun yaitu tentang pembangunan karakter, pengembangan SDM dan peningkatan ekonomi masyarakat. Isu ketiga di atas menjadi sangat menarik dan ada satu  persoalan utama yang sering menjadi pembahasan Ono Niha dimanapun berada adalah masalah karakter, sehingga timbul istilah “Niha Khoda Zui, Ilulugo Nawonia, Mangoaya Awonia, Mondoni Tou dan Faafokho Dodo serta Agalio Aukhu”. Kata-kata tersebut sering disinggung dibeberapa group WA (medsos) dan bahkan pada perbincangan tatap muka serta di khotbah-khotbah para hamba Tuhan.

Melihat tiga poin utama yang menjadi sasaran FONNA, maka ketua umum FONNA, Mezaro Ndraha, sering menegaskan bahwa keberhasilan FONNA hanya akan diraih jika semua pengurus mengandalakan Tuhan dan tidak belok ke kiri dan ke kanan. Arti istilah itu adalah, bahwa pengurus FONNA harus berubah dan berjalan lurus dalam kebenaran dan menjadikan masa lalu sebagai pengalaman dan kekuatan. TAMPIL DAN BERKATA APA ADANYA.

Wakil ketua umum FONNA, Vincent Lase (Filieli Lase) yang juga ketua FONNA Jabodetabek terlihat antusias dan memiliki rasa peduli yang begitu besar terhadap FONNA dan ia tidak ingin FONNA gagal. Karena sikap positifnya itu, maka tak heran jika di group WA FONNA ia amat tegas pada oknum yang dianggap berseberangan. Seakan ia tegaskan, bahwa jika anda “oknum” tidak punya kepedulian pada Ono Niha dan Tano Niha, maka janganlah ganggu perjuangan FONNA dan marilah kita bersaing sehat, inilah sikap pria sejati dan sportif.

Eferoni Harefa yang juga polisi Ono Niha ini, dan sekaligus ketua FONNA bidang kepemudaan, ia selalu menyempatkan dirinya pada kegiatan FONNA walau banyak kesibukkan yang ia hadapi. Sekum FONNA, Atozanolo Zendrato, ia terlihat fleksibel dan menjadi penyemangat bagi pergerakan FONNA walau ia sadar bahwa apa yang dicita-citakan FONNA bukanlah pekerjaan mudah. Tetapi kehadiran sosok ibu Yuniani Larosa, yang suka berdoa ini menjadikan FONNA semakin semangat dalam mengandalkan Tuhan, sebab semua sadar bahwa tanpa penyertaan Tuhan, maka semua akan sia-sia.

GROUP WA panitia deklarasi, Pelantikan Pengurus, HUT FONNA dan launching program, terlihat bersemangat mempersipkan acara yang dimaksud yang juga dipimpin oleh Vincent Lase. Pelaksanaan kegiatan FONNA yang dimaksud akan diadakan pada tanggal 22 Juni 2019 di Hotel Oasis Jakarta Pusat.

Semangat para keapala Departemen, seperti Deniaman Lawolo, Nofedin Waruwu dll terlihat segar kendati mereka cukup sibuk, tetapi komiment kedua insan FONNA ini cukup terlihat. Nofedin yang lagi sibuk dengan kegiatan calegnya dan juga aktivitas wisata di Timur Tengah (Israel), tidak menjadikannya melupakan FONNA, ia sungguh komit untuk itu. Deni, sosok yang serius dan terus belajar dari senior, katanya.

Sebentar lagi, FONNA akan menyelenggarakan Rapat Teknis Departemen (RTD) yang dipusatkan di wilayah Cikini Menteng Jakarta Pusat di tanggal 23 Maret 2019 dan ketua umum FONNA akan hadir pada RTD itu serbagai pemimpin rapat terutama terkait program yang akan dilaunching tanggal 22 Juni 2019. Pada RTD turut diundang para panitia event FONNA yang sudah ditentukan sebelumnya dan pengurus yang dekat di wilayah Jabodetabek.

Ama Risda Halawa sebagai salah seorang pembina FONNA, sedang disibukkan urusan adminitarsi FONNA dan beberapa pengurus lainnya, seperti Kalvin Gea, Heriyanto Ndraha dan masih banyak lagi yang lain, mereka turut sibuk dalam hal ini. Kendati banyak tantangan yang dihadapi namun semangat Ama Risda Halawa tak pernah pudar.

Yamanati Zebua yang juga sebagai pengurus FONNA pusat “pengawas FONNA” khusus wilayah Tano Niha, saat ini sedang disibukkan menggarap kebun percontohan budi daya tanaman pisang di wilayah Lahewa Nias Utara dan saat ini sudah menanam 5000 pohon pisang dan akan terus berlanjut hingga 20.000 pohon pisang ke depan.

Pdt. Lafaogo Zai sesekali memberikan komentar singkat tetapi kepeduliannya pada FONNA tak pernah terhapus apapun situasinya dan ia yakin akan penyertaan Tuhan. Kesibukan para pengurus FONNA, memang bukan cerita tetapi ini fakta, namun mereka tetap bersemangat, hal itu dapat disaksikan dengan menjadinya Dr. Liyus Waruwu sebagai pembicara di Seminar Internasional ICOGESS 2019 di Medan.

Group WA BPH FONNA saat ini sedang sibuk mempersiapkan kedua acara FONNA yaitu tanggal 23 Maret dan 22 Juni 2019, sebab moment terakhir di tanggal 22 Juni 2019 adalah amat penting bagi pergerakan FONNA ke depan.

Ada sesuatu yang unik di FONNA, bahwa orang-orang yang berpikir dan berkata-kata negatif dan masih terikat pada sifat lamanya, dipastikan tidak akan bertahan lama di FONNA, sebab kerja tim pengawas dan para kontroler terus memantau dan mengamat amati setiap pergerakan.

Suasana group WA FONNA terlihat santai dan rileks ketika video-video hiburan dari Asaeli Batee yang juga seorang polisi ini, tetapi amat suka pada dunia IT dan Kameraman. Apalagi artis Ono Niha yang sudah tidak asing lagi bernama Sherlin Buaya ternyata menjadi bagian dari kepanitiaan untuk acara di tanggal 22 Juni 2019. Semangat Dr.Nasokhili Giawa mempersiapkan lagu MARS FONNA juga sungguh menonjol dan FONNA amat bangga akan hal ini. Kendati beberapa personil lain juga sedang mempersiapkannya dan nantinya semua terpakai untuk album FONNA.

Pada kesempatan lain, ketua umum FONNA, Mezaro Ndraha, selalu menekankan kata kebersamaan dan kolaborasi dalam mewujudkan cita-cita FONNA, sebab tanpa itu tak akan berjalan dengan baik. Semua harus sabar dan ikut proses dan biarkan proses itu akan menjawab masa depan FONNA, tegasnya lebih jauh. Fokus pada eksekusi program dan mari kita saling bahu membahu mencapai apa yang kita inginkan, harap Ama Kristian Ndraha, nama lain dari Mezaro.

Masih banyak  personil yang ada di FONNA, yang harusnya disinggung pada berita ini, akan tetapi akan dibeberkan pada kesempatan lain. Semua BPH FONNA kompak dan yang akan bertahan hingga kesudahannya akan melihat hasilnya. ars

One comment

  1. Kami sangat bangga dgn ikut sertanya Persada news dlm mengikutin perjalanan FONNA hingga saat ini, demi semangat pelaksanaan program Visi & Misi FONNA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *