Air Mata Ahok Membawa Perubahan
Air Mata Ahok Membawa Perubahan

Jakarta-PersadaNews.com. – Ketua umum Ormas UMKM nasional “PERUKMI” Mezaro Ndraha, buka bicara terkait kebebasan Ahok yang sudah mendekam di LP selama 1 tahun 8 bulan lebih 15 hari. Apa yang terjadi pada Ahok adalah pelajaran positif bagi dirinya dan bagi masyarakat Indonesia khususnya. Pelajaran yang dapat dipetik adalah bahwa seseorang harus lebih duluan berpikir sebelum ia bicara dan tidak boleh grusa-grusu, “buru-buru” kata orang Jawa. Sebab masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dan tentunya harus dihadapi sesuai kulturnya masing-masing. Tidak bisa asal tembak dan asal bicara, ini berbahaya, demikian jelas Mezaro Ndraha yang juga ketua umum Forum Ono Niha (Orang Nias) Nasional atau lebih dikenal FONNA.

Mezaro Ndraha (Sebelah Kanan "Pakai Topi") Dalam Sesi Akting Video Klip
Mezaro Ndraha (Sebelah Kanan “Pakai Topi”) Dalam Sesi Akting Video Klip

berpolitik, ya jangan membawa gaya aktivis yang berani bicara untuk mengungkap sesuatu, sebab politisi itu punya rival, punya barisan oknum yang memperhatikan gerak-geriknya setiap saat. Jadi, Ahok tentu akan banyak belajar terkait hal itu, sebab saya yakin di LP ia banyak berdoa dan merenungkan Firman Tuhan sesuai agamanya. Di sisi lain, ini sebuah kemenangan, sebab ia dapat lebih tenang dalam mengoreksi diri sekalian meminta ampun atas segala dosa-dosanya sebelumnya. Saya pikir ia pasti lebih bertobat sungguh-sungguh lagi, bukan berarti saya mencap dia sebagai penjahat, bukan, akan tetapi ia pasti lebih sungguh-sungguh di dalam Tuhan setelah ini. Jika tidak, maka mungkin saja Ahok akan diberi pelajaran kedua, namun saya yakin Ahok akan lebih baik dan lebih hebat serta lebih bersinar, jelas Mezaro Ndraha yang juga dikenal sebagai pemotivasi “motivator” lewat wadah motivasi Mezaro Power Of Inspiration (MPI).

Para politisi di negeri ini, hendaknya belajar dari kasus Ahok, dimana mereka harus hemat bicara dan memahami tupoksinya agar tidak overlaping, sebab salah sedikit akan terjerat. Lebih baik hemat bicara dalam pengertian lebih banyak bertindak nyata, sebab karena banyak bicara berpeluang membuat banyak kesalahan, ini fakta. Sikap ramah, menyapa dan lain-lain, seorang politisi harus memilikinya, jangan juga berpenampilan angkuh, tetapi yang dimaksud adalah hemat bicara dalam konteks hati-hati.

Saya pikir, praktek komunikasi santun, lemah lembut “ada tempatnya”, kasar, justeru orang lain tidak suka, mesti kita perhatikan. Saya pikir Ahok memahami hal ini sebagai pengikut Isa Almasih, sebab Yesus Kristus mengajarkan kelemah lembutan, ketegasan boleh, tetapi juga harus memperhatikan lingkungan sekitarnya. Lemah lembut itu bagian dari KASIH, santun itu bagian dari teknik berkomunikasi yang baik agar orang yang menerimanya dapat menangkapnya lebih damai. Apalagi di negeri ini, banyak perbedaan yang dapat memunculkan masalah baru jika kita tidak bijak menyikapinya, jelas Mezaro Ndraha yang juga seorang pelaku usaha ini.

Banyak hal yang dapat dipelajari dari kasus Ahok, hingga ia bercerai dengan isterinya, “?”, akan tetapi ada hikmah dibalik itu semua. Keluarga adalah nomor satu, jika keluarga kacau maka pikiran akan kacau dan ini fakta, Perlu pemberesan terlebih dahulu di dalam keluarga sebelum menjadi public figur. Sebab ada banyak orang jatuh karena faktor keluarga. Apapun keadaannya, tetapi Ahok telah menjadi alat bagi tangan Tuhan yang Maha Tinggi untuk menyadarkan insan Indonesia agar lebih hati-hati dan dekat pada Sang Pencipta. Di dalam alkitab orang Kristen / Katolik, cukup jelas mengatakan, “LIDAH ADALAH API”, kira-kira demikian singkatnya, artinya jika lidah ini tak bisa dikendalikan maka akan terjadi kebakaran, jelas Mezaro Ndraha lebih jauh yang juga ketua Forum Ono Niha Nasional “FONNA”.yang saat ini menyukai dunia pelayanan.

Dunia politik itu dapat disebut dunia MAN SHOW, makanya para politisi jika sudah naik, yeah penampilannya berbeda, sebab ia menjadi pusat perhatian banyak orang. Man Show dalam konteks ini adalah seakan-akan, tetapi maksudnya positif, sebab itu penilaian publik, namun saya yakin para politisi sesunngguhnya niatnya baik, hanya mungkin serba salah dan ketika itu muncul, maka cara terbaik adalah DIAM adalah EMAS. Sehingga penilaian Man Show akan pudar dengan sendirinya.

Mezaro Ndraha yang juga suka dengan dunia pelayanan rohani, justeru ia melihat bahwa kebebasan Ahok adalah sebuah kemenangan besar bagi dirinya jika ia mampu mengolahnya menjadi sebuah senjata positif tetapi akan menjadi momok jika ia tidak bisa mengolahnya. Saya yakin ia telah mengumpulkan banyak amunisi dari dalam LP selama kurang lebih 1,8 bulan, nah ini tergantung Ahok bagaimana ia memanfaatkannya dengan baik dan benar. Saya yakin, ia akan semakin kuat, ia akan semakin hebat, ia akan semakin dipakai oleh Tuhan, asalkan ia benar benar bertobat 100 % tanpa embel-embel. Sebab jika seseorang jatuh dan apabila ia benar-benar belajar dan berubah, maka jangan berpikir ia semakin lemah, justeru ia akan semakin kuat, dan itulah yang dimaksud ANAK MUDA dalam dunai perfileman, khusus film aksi. Hal ini, Mezaro Ndraha seakan ia mengumpakaman dirinya yang juga pernah jatuh. Jadi jangan abaikan dan jangan ejek, hina dan atau mengata-ngatai orang yang pernah jatuh, sebab hal itu bisa berbalik 180 derajat ke hal positif, jelas Mezaro Ndraha sembari pamit dan berkata, “tetap semangat”, Ahok adalah pembelajaran bagi kita. Ars

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.