Bacalah : Kepulauan Nias Berpotensi Melebihi Pulau Bali, Asal ?

Majukan Pulau Nias

Majukan Pulau Nias

Kepulauan Nias-PersadaNews.com. Kepulauan Nias sudah lama dalam ketertinggalannya, sekalipun ia saat ini lebih baik dari pada hari kemarin, tetapi tetap saja dikategorikan sebagai daerah tertinggal. Itu sebabnya, orang Nias yang ada di wilayah Jawa termasuk Jakarta, terlihat lebih enjoy dari pada mereka harus kembali ke daerahnya. Kesenjangan itu terlalu jauh, maka tinggal di pulau Jawa akan jauh lebih enak dari pada tinggal di daratan kepulauan Nias. Mengapa? akses apapun di daerah ini (Tano Niha) sangat terbatas, itu sebabnya jika seseorang sudah eksis dan kembali ke Nias, hanya ada dua yang akan terjadi tenggelam atau akan semakin naik. Kecuali tugas pemerintahan loh ya ….(“”).

Untuk mengejar ketertinggalannya, dapat diatasi dengan menggunakan dana yang dicairkan dari pemerintahan pusat dengan sebaik-baiknya, ya jangan dikorupsi, baik itu secara pribadi dan maupun secara berjama’ah. Ini bahayanya, jika hal itu terjadi maka Tano Niha akan semakin terpuruk, sebab infranstrukturnya sangat buruk. Cobalah lihat dana desa yang masuk di setiap desa di kepulauan Nias, dana itu bisa diolah dengan baik dan dimanfa’atkan dengan tepat untuk memperbaiki dan atau membangun desa. Keindahan kepulauan  Nias melebihi Bali jika dikelola dengan baik dan anggaran tidak diselewengkan. Sebab NIAS itu lebih alami……

Ketika personil persadanews.com datang ke Nias dan mengujungi beberapa tempat wisata, maka faktanya wisata di sana tidak terawat dan berbeda 100 % dengan apa yang didengungkan di media online. Kan, akhirnya terkesan bohong, bukan? Hum, ini tanggungjawab pemerintah sebab kendali dan anggaran ada di tangan dia. Itu sebabnya, anggota DPRD yang punya kemampuan, yang jangan kompromi dong pada penyalah gunaan dana yang ada, sebab salah satu fungsi anggota DPRD adalah pengawasan pada anggaran. Ya, harus punya idealisme dong, jangan juga mendorong majunya pemimpin yang tidak berpotensi, akhirnya, ya Tano Niha tidak akan mengalami kemajuan kelak.

Untuk menjawab pertanya’an di atas, terletak pada niat hati yang bersih, jujur dan ikhlas. Sebab ada oknum yang hanya ingin memetik kebangga’an semata dan meraih keuntungan sebesar-besarnya dan akhirnya, lahirlah korupsi yang semakin menjadi-jadi. Kacau, sudah…..

Bagaimana Kep. Nias dapat melebih Bali jika begini caranya? Mau 100 tahun kemudianpun, maka Kep. Nias akan stagnan, maka akhirnya, Nias dianggap menjadi tempat alternatif…..heheheheh, maukah pulaumu dianggap demikian?

Hendaknya anak-anak muda Ono Niha sekarang dan ke depan jangan asal memilih pemimpin karena kenalan, saudara, teman dan lain-lain. Pilihlah pemimpin yang memang anda lihat mampu, agar kepulauan Nias semakin maju. Untuk sekarang ini, jabatan PNS itu tidaklah menjadi jabatan kebangga’an, menjadi pejabat dan lain-lain, sebab banyak yang tidak amanah dan pengawasan KPK terhadap itu juga semakin ketat. Makanya jangan anggap bahwa ketika anda sudah menjadi PNS lalu bangganya minta ampun, sampai-sampai lupa daratan  dan sewenang-wenang. Ini salah kaprah, anda-anda itu ya pelayan masyarakat bukan raja yang siap dilayani. Anda melayani dengan baik ya dihormati dan atau disegani, sebaliknya jika tidak benar, ya anda akan dilapor yang berujung pada sanksi.

Kepulauan Nias pasti akan maju jika pengguna’an dana desa yang sangat besar itu tepat sasaran, tidak mark up biaya-biaya, tidak bersekongkol / tidak berkompromi dengan pihak atasan hingga ke bawah. Anda akan kena loh ya, …jika tidak hati-hati, maka resikonya adalah anak cucu, sebab Tuhan tidak berkenan dengan pelanggaran itu.

Bupati-bupati ya hendaknya lihat kebawah dong, ketika anda melihat pelanggaran pada dana desa, ya ditegur atau disanksi, atau jangan-jangan terlalu sibuk sehingga lupa akan hal itu? Kasihan loh masyarakat yang berharap akan bantuan pemerintah, tetapi ada oknum yang yang tidak bertanggung jawab malah menyalah gunakannya.

Marilah kita saling berbenah dan mencintai kepulauan Nias ini dan jangan memperkaya diri sendiri, keluarga dan kroni-kroni dari uang pemerintah. Itu tidak baik, yang benar ya tetap benar dan yang salah ya tetap salah. Coba pikirkan, jika kita makan dari uang haram dan kemudian kita beri juga pada anak, isteri dan hingga mereka sekolah dll, semua dari uang haram, ya kasihan de lu….

Coba ya, ini hanya perenungan bagi kita agar jangan keterusan dalam kesalahan, bertobat sebelum ajal dan azab. Ars

“Tulisan ini bersifat memotivasi dan bukan menuduh”

 

3 thoughts on “Bacalah : Kepulauan Nias Berpotensi Melebihi Pulau Bali, Asal ?

  1. Luar biasa…. Jika benar benar di kelola dengan baik dalam SEGALA ASPEK terutama “KARAKTER “SUMBER DAYA MANUSIA
    PUTRA PUTRI ONO NIHA 👍👍🏝🏝🏞🏞🏖🏖

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.