Perhatikan : Hati2 Dengan Penyalah Gunaan Dana Desa “Coba Lihat Triknya”.

Dana Desa Perlu Dikelola Dengan Baik

Dana Desa Perlu Dikelola Dengan Baik

Jakarta-PersadaNews.com. Harusnya dengan dana desa yang sudah berjalan saat ini, pembangunan desa semakin pesat. Akan tetapi banyak terlihat bahwa dana desa belum termaksimalkan dengan baik dalam penyalurannya. Penyalah gunaan dana desa, terkadang, anggota masyarakat yang menyaksikan langsung tentang kesalahan-kesalahan tidak berani melaporkan kepada pihak berwajib. Mungkin dia ditekan atau diberi uang penutup mulut, ini juga menjadi tanda tanya. Tetapi dengan adanya dana desa, ada sebagian oknum kepala desa yang semakin kaya dan bahkan membangun rumahnya yang jelas-2 perlu dipertanyakan dari mana sumbernya. Sebab sebelum ada dana desa, maka oknum yang dimaksud, biasa-2 saja.

Dana desa cukup besar setiap tahunnya, jika ditelusuri dengan seksama maka akan banyak kita temukan pelanggaran, termasuk laporan fiktif dan mark up biaya-biaya tertentu. Untuk memuluskan permainan oknum tertentu, maka mereka bermain mata dengan oknum pemimpin di wilayah itu, sehingga buah permainan mereka tidak ada yang tahu. Tetapi tindakan seperti ini, kemungkinan dapat ditelusuri jika aparat yang berwewenang untuk itu serius untuk memberantas tikus-tikus pemakan uang rakyat ini.

Terkadang, ada juga oknum yang ada di LSM tertentu, tidak berani usut demi usut sebab mungkin dia juga bermain mata dan diberi ala kadarnya sehingga berhentilah tindakan pengusutannya. Barangkali juga ada oknum wartawan yang pura-pura cari tahu informasi tetapi sesungguhnya, tujuannya adalah agar ia diberi makan dari uang haram itu (yang bukan haknya, lalu dipakai dan disalah gunakan, maka tindakannya itu disebut haram sehingga uangnya juga disebut uang haram).  Jika demikian, maka sama saja tindakan pencari berita dengan yang membuat masalah “oknum”, …yah, sama-sama maling dong.

Jangan rusak negeri ini, jangan rusak desa anda dan jangan bodohi masyaratkat dengan manis penuh kepalsuan, sehingga anda memainkan kehadiran dana desa bersama dengan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Sadarilah, pahamilah, bahwa uang itu adalah amanah yang harus dijaga. bangunlah desa, bangunlah masyarakat dan jangan berusaha menyembunyikan kebohongan-kebohongan yang suatu saat akan ketahuan. Rbt

Catatan : Tulisan di atas tidak ditujukan pada lembaga dan atau pada seseorang yang belum jelas, ini hanya secara umum, agar pengelola dana desa tersentuh hatinya di tahun 2019 ini.

2 thoughts on “Perhatikan : Hati2 Dengan Penyalah Gunaan Dana Desa “Coba Lihat Triknya”.

  1. Di Nias memang banyak saya temukan penyalahgunaan dana desa, mantan kepdes tidak punya pekerjaan tapi dapat membangun rumah sampai dua lantai sekaligus memanfaatkan rumah bantuan menjadi rumah mereka dan saya telah menyampaikan lewat LAPOR dana desa namun sampai saat ini hal itu tidak digubris. Saya siap membantu jika dibutuhkan untuk memberantas penyalahgunaan dana desa agar mereka tidak membenarkan yang biasa tapi membiaskan yang benar. Mudah mudahan ini dapat ditindaklanjuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.